Justice

Justice itu keadilan keadilan itu menurut wikipedia Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Gimana si maksudnya ? aku bingung . kalo menurutku keadilan itu memberikan perlakuan pada seseorang secara seimbang tanpa melihat kedudukan orang itu. Menerapkan keadilan itu nggak gampang loh! Soalnya menurutku *lagi * keadilan itu berhubungan dengan perasaan. Misal aja didepan kita ada 2 orang yang sama-sama kelaparan, kita disuruh ngasih makanan untuk keduannya secara ADIL . Yang satu entah dari mana berada dan yang satu teman kita. Saat itu kita di uji, apakah jkeadilan masih berlaku dimata kita? Mungkin sebagian dari kita akan memberikan ‘lebih’ porsi untuk teman kita. Entah nasinya ditambah atau apalah. Hal itu menurutku kita kayak gitu karena ada rasa ‘nggak enak’ sama temen sendiri . iya nggak si? Itu menurutku lohh.
Terus biasanya yang bikin keadilan tu terlupakan adalah masalah kedudukan atau pangkat. Kalau tentang satu ini pasti udah pada tau kan contohnya. Diberita sering banget. Nah, kira-kira kalau kita diperlakukan tidak adil dengan seseorang pasti kita (setidaknya) sebelkan? Kalau nggak beberapa ya marah. Terus paling mentok ya mengajukan ke meja hijau atas tindakan ketidakadilan kepada dirinya. Itu biasanya yang kita lakuin kalau kita diperlakukan nggak adil. Sekarang kebalikannya, kalau kita tau seseorang diperlakukan tidak adil apa kita melakukan hal yang sama? Mungkin beberapa dari kita bakalan sebel liat orang lain diperlakukan kayak gitu , ada yang biasa aja. Tapi pasti kita bakal merasa sebel kalau orang yang diperlakukan kayak gitu adalah orang yang kita kenal. Iya nggak si ?
-sekian –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s