Pelaksanaan Pemilu di Indonesia (Landasan konstitusi, Jumlah OPP , Asas ,Sistem, Tujuan)


 Pelaksanaan pemilu di Indonesia dari tahun ketahun ternyata memiliki sistem pelaksanaan yang berbeda. Perbedaan itu dapat kita amati dari tabel dibawah : 

Tahun Pelaksa-naan Landasan Konstitusi

Jmlh OPP

Asas Sistem Tujuan
1955  Pasal 57 dan 134 UUDS 1950

172

Asas jujur dan kebersamaan, langsung, umum, bebas, dan rahasia. Proporsional 29 September 1955 untuk memilih anggota parlemen (DPR) dan 15 Desember 1955 untuk memilih anggota konstituante.
1971 Tap MPRS No. XLII/MPRS/1968 (Perubahan dari Tap MPRS No. XI/MPRS/1966; UU No. 15/1969; UU No. 16/1969)

 

10

Asas Luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia). Proporsional dengan varian Party-List Memilih Anggota DPR
1977 Tap MPR No. VIII/MPR/1973; 

 UU No. 4/1975;

 

UU No. 5/1975

3

 

Asas Luber Proporsional dengan varian Party-List Memilih Anggota DPR
1982 Tap MPR No. VII/MPR/1978;  

UU No. 2/1980

 

 UU No. 3/1980

PPP, Golkar, dan PDI

Asas Luber Proporsional dengan varian Party-List Memilih anggota DPR serta anggota  DPRD Tingkat I Propinsi maupun DPRD Tingkat II Kabupaten/Kotamadya  se-Indonesia
1987  UU N0. 5 tahun 1995 mengganti UU N0. 2 tahun 1985

UU N0. 3 tahun 1999 tentang pemilu

 

PPP, Golkar, dan PDI

Asas Luber Proporsional dengan varian Party-List. Memilih anggota parlemen
1992 Tap MPR No. II/MPR/1988; UU  

No. 1/1985; PP No. 37/1990

PPP, Golkar, dan PDI

Asas Luber Proporsional dengan varian Party-List. Memilih secara langsung 400 kursi anggota DPR
1997 Tap MPR No. III/MPR/1983; UU  

No. 1/1985 dan Kepres No. 70/1985

3

(Golkar, PPP, PDI)

Asas Luber Proporsional dengan varian Party-List. Memilih 424 orang anggota DPR
1999 UU N0. 4 tahun 1999 tentang susduk MPR/DPRUU N0. 12 tahun 2003 tentang pemilu

UU N0. 22 tahun 2003 tentang susduk
 

48 Partai Politik

Asas Luber Jurdil(asas  langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil) Proporsional dengan varian Party-List. Memilih anggota lembaga perwakilan, yaitu DPRDPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota
2004 UU No. 12/2003 tentang pemilihan anggota DPR, DPD dan DPRD;  

UU No. 22/2003 tentang susunan dan kedudukan MPR, DPR, DPD dan DPRD;

 

 UU No. 23/2003 tentang pemilihan presiden dan wakil presiden

24

Asas Luber Jurdil  Anggota parlemen, digunakan sistem pemilu Proporsional dengan varian Proporsional Daftar (terbuka). Untuk memilih anggota DPD, digunakan sistem pemilu Lainnya, yaitu Single Non Transverable Vote (SNTV). Sementara untuk memilih presiden, digunakan sistem pemilihan Mayoritas/Pluralitas dengan varian Two Round System (Sistem Dua Putaran) Presiden dan wakil presiden anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, rakyat juga dapat memilih anggota DPD, suatu lembaga perwakilan baru yang ditujukan untuk mewakili kepentingan daerah.
2009 Undang-undang Nomor 42 Tahun 2008

38

Asas Luber Jurdil  Sistem proporsional terbuka Presiden dan wakil presiden

 

 

 

Keterangan :

Asas yang digunakan dalam pemilu :

–       Langsung         : Pemilih diharuskan memberikan suaranya secara langsung dan tidak boleh

diwakilkan.

–       Umum               : Dapat diikuti seluruh warga negara yang sudah memiliki hak menggunakan suara

–       Bebas               : Diharuskan memberikan suaranya tanpa ada paksaan dari pihak manapun

–       Rahasia           : Suara yang diberikan oleh pemilih bersifat rahasia hanya diketahui oleh si pemilih

itu sendiri.

–       Jujur                : Setiap warga negara yang memiliki hak dapat memilih sesuai dengan kehendaknya

dan setiap suara pemilih memiliki nilai yang sama untuk menentukan wakil rakyat

yang akan terpilih.

–       Adil                 : Perlakuan yang sama terhadap peserta pemilu dan pemilih, tanpa ada

pengistimewaan ataupun diskriminasi terhadap peserta atau pemilih tertentu.

 

dari berbagai sumber


Hi ~ ~

tadaaa muncul lagi ~

. setelah bener – bener selesai un dan dapet kuliah , Alhamdulillah .

Akhirnya saya sudah memantapkan Teknik Sipil dan Alhamdulillah keterima SNMPTN Teknik Sipil UGM  :))

Masih harus berjuang tentunya (o.o)9

 

Akhir-akhir ini cuma dirumaahh. jadi rasanya nothing to do . padahal udah berusaha cari-cari kerjaan. terus kalau cuma dirumah tu jadi sering nginget-inget kenangan jaman kelas 1 sampe akhirnya bisa lulus.
flashback bentar yaa ~

Kelas 1 :

Kelas X D 2010

sama si april – ariza – rimbo – aku- adniya di X D 2010. masih begitu unyu polos dan pahpoh .___.
jaman kelas satu nisul masih bener- bener polos. inget banget waktu itu diajak adniya jajan waktu jam pelajaran kosong. akunya jawab : “loh ad, ini lagi pelajaran. nanti kalo kena marah gimanaa? ”
yaah, gitu lah. beda banget sama sekarang.

kelas 2 :

C360_2013-03-11-18-13-51

Camera 360

mtf_LiCGd_101

IMG_20130311_172435

IMG_1767

kalo ngomongin kelas 2 tuuu , terlalu banyak yang pengin diceritain. terlalu banyak hal-hal yang menyenangakan dan tidak menyenangkan. pokoknya di tahun kedua ini sesuatuuu . gimana yaa , terlalu banyak hal-hal yang nggak pernah kebayang bisa terjadi. bener-bener banyak pembelajaran deh . ngerasain kepanitiaan lah, jalan-jalan sampe malem, ngakak gila-gilaan sama temen sampe nangis tiba-tiba gara2 temen ._____. sangat sesuatu .
oh iyaa, kelas dua juga pertama kalinya aku naik motor. sebenernya ada fotonya, tapi lupa ada dimana.
jadi gini , dulu aku nggak boleh naik motor sendiri kalau blm punya sim. terus kl ngeliat yg lain pada naik motor tu pengeeennn banget naik motor sendiri. akhirnya si bontang minjemin motornyaa. dan aku bisa naik motor sendiri dari sekolah ke rumah. rasanya tu, seneeeenggggg banget :3
terus masih banyak lagiii ~

segini dulu deh. yang kelas 3 dilanjut besok besok .

Thanks :3

TANNER PATRICK

FIRST POSTING IN 2012 .. TANNER PATRICK .
okay , now i am crazy about tanner patrick. My friend , Anas showed me his video. and . . I saw his green eyes ! omg he has green eyes! then I heard his voice.
wooww! he’s such a great singer. I love his voice.
Then my friend showed me another video that make me become moorree ajskdjfhkhf !!
then at home I played it again again and again. WOW!
Oh ya, he is covering some songs and has a single named : Merry Go Round .

you can download all of his video here :

http://www.youtube.com/user/TannerPatrick/videos

and from all of his video , the most I like is :

I love the way he plays the music.

the second is :

He is so handsome and love his voice here .

for additional, I love seeing him sings a song with playing the music instrumental than without playing music instrumental. he looks more amazing !

Ok. that’s enough. thanks for reading 🙂

Nyonya Kecil

Tadi siang aku dibuat kaget dengan berita yang disodorkan Jelang Siang oleh TransTV. Tidak biasanya acara berita menyodorkan sajian dengan judul: TREN SOSIALITA, memperlihatkan 15-20 wanita berdandan seperti ke pesta, dan riuh berfoto bersama. Mungkin sekilas seperti gerombolan artis sedang arisan bareng di sebuah restoran. Menurut laporan Jelang Siang, kata ‘sosialita’ sendiri dulu maknanya adalah wanita kalangan jet set yang rutin berpartisipasi di acara-acara sosial seperti derma kepada kaum papa. Namun disayangkan sekarang maknanya bergeser jadi kaum ibu-ibu kalangan jet set yang suka berkumpul bersama. Kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai ibu rumah tangga, namun jadwal mereka sungguh padat tak ubahnya wanita bisnis. Hari ini arisan, sore nanti ke salon, malam ini si Bu ANU ulang tahun dan dinner di hotel B. Begitu kira-kira.

Salah satu sosialita tersebut bersedia diwawancara Trans TV, sebut saja Bu AN ibu dari 3 anak, sebagai ibu rumah tangga dia perlu refreshing dan pergi bersama teman-temannya…

View original post 674 more words

I am Sixteen Going on Seventeen

I am Sixteen Going on Seventeen

You wait, little girl, on an empty stage
For fate to turn the light on
Your life, little girl, is an empty page
That men will want to write on

To write on

You are sixteen going on seventeen
Baby, it’s time to think
Better beware, be canny and careful
Baby, you’re on the brink

You are sixteen going on seventeen
Fellows will fall in line
Eager young lads and rogues and cads
Will offer you food and wine

Totally unprepared are you
To face a world of men
Timid and shy and scared are you
Of things beyond your ken

You need someone older an wiser
Telling you what to do
I am seventeen going on eighteen
I’ll take care of you

I am sixteen going on seventeen
I know that I’m naive
Fellows I meet may tell me I’m sweet
And willingly I believe

I am sixteen going on seventeen
Innocent as a rose
Bachelor dandies, drinkers of brandies
What do I know of those

Totally unprepared am I
To face a world of men
Timid and shy and scared am I
Of things beyond my ken

I need someone older and wiser
Telling me what to do
You are seventeen going on eighteen
I’ll depend on you

some videos ‘I am sixteen going on seventeen ‘ 😀

HOLIDAY !

<pre>

Libur telah tiba! libur telah tiba! horeee! horeee! horeee!

itu dulu, sekarang udah masuk sekolah dan ulangan serta tugas yang banyak pun menanti 😮

sudahlah lupakan sejenak. Mau cerita liburan puasa ni. ada tempat rekreasi yang boleh juga untuk dikunjungi.

namanya GUA PINDUL . letaknya di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul . nah itu tu jauuuuhhhh banget! apalagi aku sama saudaraku berangkat dari Jalan Kaliurang km 17an. kalau tau bukit bintang, masih kesanaaaa lagi. jauh deh rasa.

tapi begitu nyampe sana nggak nyesel ngerasa capek. soalnya kita bakalan refreshing. nah disana itu nggak cuma ada gua aja . ada yang namanya gua glatik, gua banyumoto,  monumen, sungai oyo dll.

bisa dilihat disini :

waktu itu aku kesana sama saudara-saudara . kebetulan banget tahun ini banyak yang mudik ke Jogja. oh ya, jangan lupa bawa ganti baju ya! kalau nggak basah-basahan nggak seru! habis nyampe sana kita ngantri dulu. ya duduk2 gitu lahh . antrinya banyak waktu itu. mungkin karena lagi liburan, dan saat itu mobil disana kebanyakan plat luar AB.

terus setelah antri cukup lama, akhirnya bagian kita main!!! ini waktu lagi siap-siap untuk mulai 🙂 pake pelampung dulu biar nggak tenggelam . hoho

terus dateng deh jemputa kita ke TKP. karena kita ber 18 jadilah seperti ini …

ini seru banget lohh

 terus mobil itu bawakita ke TKP. sampailah kita disana …

 itu baru bagian luarnya, habis itu mulai deh petualangannyaa~~

terus didalem tu dibagi jadi 3 bagian , nggak terlalu gelap, gelap banget!  , terang . terus perjalanan didalem tu sekitar 30menitan kayaknya. terus sampe deh diuar gua . dari pintu keluar gua itu, kita perlu manjat tebing untuk naik . check this out!

ya itulah perjalanan di gua pindul sebenernya masih ada lagi tempat untuk anak kecil bisa main air disekitar situ .

nah itu dia perjalanan di Gua Pindul waktu liburan lebaran.

Yang pingin ayoo pada dateng! harganya ada yang 30rb sampe 100rb perorang . paketnya beda2 .

untuk info lebih lanjut bisa dilihat di blognya : dewabejo.wordpress.com

ayoayoayoo dateng!seru loh 😀